It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Nyekar…

9 Comments

Ada sebuah tradisi yang tidak asing lagi bagi umat Islam yang hendak menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, yakni tradisi nyekar (berkunjung ke tempat peristirahatan abadi alias kuburan ). Dimana kebetulan rumah saya berada di depan Makam Islam (di belakang rumah yang dipisah dengan jalan kecil dan disanalah Makam berada), sehingga saya tahu kebanyakan aktivitas yang dilakukan warga sekitar ketika event – event penting seperti menyambut bulan suci Ramadhan ini.

Pada awalnya saya sangat kagum terhadap apa yang mereka lakukan dengan mengunjungi Makam tempat sanak saudara “beristirahat”, yang tujuannya aalah mendoakan mereka agar segala dosa – dosanya InsyaAllah diampuni atau diringankan oleh Allah SWT, kelak di akhirat, karena sesuai dengan ….. yakni Ada tiga hal yang dibawa oleh orang yang telah meninggal dunia, yakni : Ilmu yang bermanfaat, Amal yang dikerjakan sewaktu beliau hidup, serta Doa anak yang sholeh. Oleh karena itu, kita sebagai anak yang InsyaAllah sholeh, dan sebagai upaya balas budi sekaligus ibadah untuk mendo’akan Orang Tua kita dimanapun dan kapanpun asalkan sesuai dengan tuntunan agama Islam yang benar, bukan hanya karena tradisi semata atau karena alas an – alasan yang lain…. agar segala dosa – dosanya diampuni oleh Allah SWT… Amien….

Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang datang ke Makam tidak hanya membersihkan daerah disekitar makam, serta mendoakan “Si Fulan”, tetapi meminta doa atau bantuan kepada orang yang sudah meninggal tersebut. Hal tersebut tidak hanya saya atau kita temui di lingkungan sekitar kita saja, namun beberapa media elektronik seperti acara Berita…. di sebuah channel, bertanya kepada seseorang yang kebetulan pada saat itu sedang nyekar ke makan tempat saudaranya di istirahatkan apa saja yang dilakukannya, jawabnya,”Ya saya kesini untuk membersihkan makamnya dari sampah atau dedaunan yang berserakan, mendoakan “Si Fulan” dan tidak lupa meminta doanya (meminta bantuan) agar puasa kita pada Bulan Ramadhan ini berkah serta lancar….

Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh agama?? Itu kan sama saja dengan menyekutukan Allah (syirik) karena yang hanya boleh disembah olah orang yang beriman hanyalah Allah SWT semata.

…dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Adz Dzariyat / 56).

….dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (Alam Nasyrah / 8)

Oleh karena itulah, kita sebagai umat muslim hendaknya mendalami Islam secara menyeluruh atau mendalam, serta mengamalkan hal hal yang sudah ditetapkan oleh Agama Islam dengan benar, karena hanya itulah cara agar kita tidak terjerumus pada hal – hal yang bukannya menambah pahala atau mendapat restu dan ridlo Allah SWT, melainkan mendapatkan adzab, hukuman dan lain sebagainya dari Allah SWT… Audzubillah Mindzalik…..

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

9 thoughts on “Nyekar…

  1. Astagfirullah menurut saya itu tidak boleh karena musrik

  2. Saya kemarin habis nyekar sebelum puasa, dan menuliskan artikel tentang nyekar juga di blog saya.

    Salam kenal🙂

    Oh iya ta…
    salam kenal juga…

  3. bener naf terutama hari kamis legi kalau pasaran jawa

    NB: GR sapa sing ngerasani awakmu kurang gawean tambah tambahi duso

  4. sipz… kadang nyekar kalo udah mau mendekati ramadhan yakz..

  5. Nyekar itu sebutan org jawa ya…?😆 memang kt hanya boleh meminta dan memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa, ,
    Nice article tuk dibulan ramadan yang suci ini.

  6. Nice posting! Saia sampai skrg kalo melakukan nyekar hanya pas setelah syawal.

    Makasih Mas…

  7. Yup, seharusnya kita yang mendoakan bukannya malah minta ‘didoakan’…

    sip dah… aku setuju banget

  8. FI, ARTikelmu yang ini kereeen bgt… unik gitu

    emang keren banget… lha yang nulis juga keren kok…

  9. Hmmm…. bener naf !!! kita sebagai orang Islam harus realistis jgn keburu terbawa tahayul !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s