It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Perbedaan itu Indah……

20 Comments

Assalamualaikum kawan-kawanku…

Alangkah indahnya jika di taman bunga kita  terdapat bunga – bunga yang bermekaran yang tentunya berwarna – warni. Meskipun berbeda jenis, tentunya dengan perpaduan yang indah dan cantik akan dapat menghasilkan perpaduan yang sangat bagus. Begitu juga dengan perbedaan – perbedaan yang ada di dunia ini, terdapat berbagai macam perbedaan yang ada… Misalkan : ada orang kaya, ada juga orang miskin…. ada orang pandai dan ada juga orang bodoh…

Namun janganlah kita menyesali atau mempersalahkan perbedaan – perbedaan tersebut. Alangkah indahnya bila perbedaan tersebut kita pahami dan kita jadikan sebagai potensi bagi terwujudnya persatuan. Ketahuilah, kita berbeda, tapi sama – sama ciptaan-Nya. Bener khan…????

Sudah cukup kita saksikan dan rasakan betapa tindakan – tindakan yang tidak bijaksana. Bahkan anarkis, tidak akan menyelesaikan masalah. Hal – hal tersebut malah hanya menambah masalah. Tindakan – tindakan yang membuat kerusakan tersebut, dimana pun dan kapan pun, hanya menimbulkan beragam masalah, baik diduga atau tidak. Iya khan…….

Janganlah akibat suatu perbedaan kita malah mendzalimi satu sama lain. Kejadian apa pun yang telah menimpa negeri ini sudah semestinya menjadi pelajaran bagi kita, khususnya kita sebagai generasi muda penerus bangsa. Di antara yang bisa kita ambil hikmahnya adalah kita harus mempunyai tekad yang sama untuk membangun kebersamaan di negeri tercinta ini. Jangan biarkan kekerasan menjadi solusi dari permasalahan yang ada.

Lebih dari itu, masalah yang sedang menimpa kita merupakan bagian dari karunia Allah SWT yang dapat membuat kita lebih maju, lebih beradab, dan lebih kuat dalam menghadapi masa yang akan datang, sepanjang kita menyikapinya dengan cara yang benar. Orang yang imannya kukuh tidak pernah menganggap kejadian tersebut merugikan. “Saat diberi nikmat kita bersyukur karena syukur itu adalah kebaikan. Saat diberi ujian kita bersabar, sabar itu pun adalah kebaikan”. Kerugian hanya milik orang yang tidak mempunyai keyakinan kukuh dan akhlak mulia.

Perbedaan tersebut tidak perlu disalahkan. Yang salah adalah bila kita tidak bisa menyikapi perbedaan. Bukankah Allah menciptakan keindahan itu justru dari perbedaan? Indahnya kebersamaan justru kalau kita dapat merasakannya sebagaimana kita melihat suatu ‘Rangkaian Bunga’, dalam sebuah rangkaian, kita dapat menemukan bunga berwarna cokelat, merah, jingga, atau merah muda. Semua warna itu berpadu memberikan semburan nuansa indah yang memikat mata untuk melihat. Ya! Kita melihat keindahan justru melalui perbedaan. Karena Perbedaan Itu Indah…….

Lantas, mengapa negeri kita harus tercabik – cabiks atu sama lain hanya akibat perbedaan??????? Sadarilah!! Negeri kita sakit (kebanyakan masalah) bukan karena perbedaan, tetapi karena kita belum bisa menyikapi perbedaan. Karena itu, dalam kesempatan kali ini, kita, Insya Allah akan mencoba menggali rumus sederhana dalam upaya membuat ‘Rangkaian Bunga’ yang indah dari perbedaan.

Oh ya…. yang perlu kita ketahui… Allah SWT membuat perbedaan juga ada tujuannya lho…??? Mau tahu… Diantaranya : meningkatkan status kita sebagai makhluk sosial, dimana kita tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain… misalnya saja, kalau gak ada perbedaan dimana orang kaya dan miskin, mana ada orang yang mau beramal sholeh, mana ada pengemis – pengemis di jalanan, mana ada orang yang kaya dan selalu menindas orang yang lemah atau miskin…. Juga dengan adanya perbedaan status sosial, pasti ada maling, orang yang korupsi, pencopet, pengemis dan masih banyak lagi deh….!!!! Dengan adanya hal tersebut, juga memberikan nafkah bagi para polisi, jaksa, Lembaga Tinggi Negara, yang mana menggantungkan hidupnya dari kesalahan yang diperbuat oleh seseorang, dan Nasib sial seseorang….. He.. he.. he… (kaya’ orang kecopetan ??? ya khan…).

Makanya, hal tersebut menjadi tantangan bagi kita Umat Muslim dan yang lainnya untuk menyikapinya dengan sebaik mungkin, dengan cara Kita harus mulai melihat perbedaan tersebut dengan menyadari bahwa perbedaan itu pasti ada, bahkan harus ada, kita harus senantiasa memahami perbedaan yang ada, Sejak saat ini, kita harus belajar memaklumi setiap perbedaan yang ada diantara kita, Perbedaan tak jarang membuat adanya ketersinggungan. Karena itu, kita harus mampu memberikan keluasan maaf, kadang, perbedaan memang tidak selalu baik. Tapi, di situlah diperlukan kemauan untuk memperbaiki, bukan menyalahkan.

Lha apakah tindakan kita selanjutnya????

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

20 thoughts on “Perbedaan itu Indah……

  1. wih nafta kokk tambah sip ae sih aku jadi iri

    u dapat ilmu dari mana

    Habis dapet ilmu dari kuburan belakang rumahku… He.. he.. he…

  2. yah karena terlalu indah shg banyak orang yg salah memaknai nya🙂

  3. Ya…Memang indah…Hasil daripada perbedaan itulah maka wujudnya perkonsian ilmu…..he he he…

  4. Di dunia ini kalau segala sesuatunya dibuat sama, malah tambah repot. Misalnya malam terus, nggak ada siang, tambah repot. Atau dunia ini dihuni oleh orang laki-laki aja, juga tambah repot.
    Agar tidak repot, maka dibuatlah ada siang ada malam, ada laki-laki ada perempuan, ada besar ada kecil, dll.

  5. ckckck…tambah oke aja blogmu pi’ah. Emang sih, perbedaan itu indah. klo sama semua g ada yang beda, bosen bo’ …!
    ga bervariasi…
    ga asyik…
    ga oke…
    ga berwarna..
    polos…los..loss….
    betul…ga?
    oia, yang di artikel tuh fotonya mantan pembantu…
    celanamu sih suopan …sopan..pan..pan..bgT..
    HAHAHA..

    Maksud_mu sopo hah…???

  6. wahhh.. hebat euy bisa nulis gini ..

    aku sii, kata2 aja kacau:mrgreen:

    Lha dicoba dulu Mas…

  7. Baru sadar, kalau perbedaan itu indah….*kaburrrrrrr*😈

    Aduh mas….

  8. Perbedaan itu adalah rahmat ….

    sip dah Mas… aku setuju banget sama pendapatnya Mas Muda…

  9. kalau semua disamaratakan…
    gak kan ada surga ataupun neraka…
    gak kan ada warna yang mengisi kehidupan manusia..
    semua akan merasa bosan,karena segalanya monoton…

    memaknai perbedaan adalah hal yang sulit
    apalagi ketika kita menemukan seseorang yang jauh lebh baik dari qt…
    pasti kita akan mengutuk diri,bahkan mungkin menyalahkan tuhan atas perbedaan tsb.

    allah menciptakan segala sesuatu bukan tanpa dasar/alasan..
    alasannya cukup jelas dan mudah diingat,yaitu allah ingin kita menyadari kuasa-Nya.Yang mampu menciptakan segala sesuatu yang berbeda satu sama lain…
    yaaah kurang lebih gt laah

    Wuih… pertamaxxx makasih atas kunjungannya mbak…
    sip dah commentnya… hidup SKI…

  10. dek,kmana aja nich kok gak kelihatan??

    aku gak kemana-mana lho mbak…

  11. Iyah perbedaan sebenarnya fitrah, tapi kadang manusia tidak menyadarinya🙂
    ada tulisan menarik lho hakim di blog teman sy, tentang ceramah tarawih di http://blog.its.ac.id/kholis/
    coba dibaca menarik juga🙂

    yup… akan ku coba kok Mas…

  12. Makanya, jangan suka mbebek!
    hehehe..

    beda itu mahal!!

    ada kok yang murah mas… tapi gk tau apa…

  13. WUIH GANTI SAIKI NGONO YO Q DADI GAK DA TEMENNYA

  14. Perbedaan memang setuju saya. 100 Persen indah. Ga menyesal tinggal di tempat saya yang banyak perbedaan kok.:mrgreen:

  15. betul banget tu pi` kalau perbedaan itu indah. coba di dunia ini sama semuanya, gak kebayang deh! pasti ngebosenin banget, mau pergi kesana sama, mau pergi kesini jusa sama aja.
    Aduh jadi ngebosenin banget kayak gak ada hiburan laen aja!!!!!!!!!

  16. .perbedaan itu indah.
    karena klo semua orang jadi kayak fahmi.
    bisa gila aq hidup di dunia INI

  17. Pingback: Perbedaan Itu Indah [edisi ke-2] « Be Your Self

  18. wah dik napi blognya melesat dengan cepat… nice post….. terus berkarya ya….. salam….

  19. tapi kalo berbeda dalam agama? misal kan sama pcr / calon istri/suami..
    bagaimana menyikapinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s