It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Belajar Dari Masa Lalu….

51 Comments

Mayoritas orang di dunia ini banyak banget lho yang selalu terlena dengan masa lalunya. Ada yang selalu membayangkan untuk kembali ke masa lalunya karena kejadian atau peristiwa masa lalu yang ia alami sangatlah menyenangkan atau menguntungakan dan ada juga yang selalu menangis atas kesalahan atau kegagalan yang ia lakukan pada masa lampau… (aduh – aduh….???)

Contohnya saja : Pelajar yang pada masa lalunya selalu mendapatkan prestasi yang baik dan memuaskan, sekarang selalu terlena dan berharap saja untuk bisa mengulang kejadian masa lalunya agar terjadi pada saat yang ia inginkan, tanpa adanya usaha yang lebih keras lagi dalam belajar. Atau seseorang yang sedang mengingat masa lalu kemudian bersedih atas kesalahan atau kegagalan yang telah ia perbuat pada masa lampau. Kedua tindakan tersebut merupakan tindakan yang bodoh. Tahu kenapa..???

Karena dengan melakukan hal tersebut sama saja dengan membunuh semangat kita dalam berkreasi kedepannya, memupuskan tekad serta mengubur dalam – dalam masa depan kita yang belum terjadi. Bahkan memupuk dan menumbuhkan sikap pesimis dalam melakukan sesuatu kedepannya (bukannya mengubur sesuatu ke dalam tanah..??? he.. he.. he.. ).

Namun dari semua sisi negatif kita yang selalu melihat masa lalu tanpa menghiraukan masa depan… Ada banyak sekali sisi positifnya apabila kita menyikapinya dengan “cara yang baik dan benar”. Yakni kita dapat mengambil pelajaran dari kegagalan atau sesuatu yang menyenangkan yang terjadi pada masa lalu untuk kita jadikan sebuah pengalaman dalam menjalani kehidupan kita pada masa depan. Dengan begitu masalah – masalah atau rintangan yang akan kita hadapi kelak, dapat kita sikapi dengan baik dan benar pula, dan yang pasti hasil yang akan kita dapatkan akan jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan seseorang yang tidak mmpunyai banyak pengalaman dari masa lalunya. Dengan catatan, kita haruslah betul – betul memahami kejadian masa lalu kita dan berusaha semaksimal mungkin dengan belajar dan terus belajar serta diiringi doa kepada Allah SWT. Dan ingat terus untuk menjadi diri kita sendiri…

Be Your Self

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

51 thoughts on “Belajar Dari Masa Lalu….

  1. bener banget . perlu diingat juga untuk gg terlena dengan kemapanan yang uda kita dapet . Banyak orang gg mw keluar dari zona amannya . Padahal untuk terus berkembang, harus ada tantangan2 yang dihadapi. Jadi harus terus menggali potensi diri dari masa lalu untuk masa depan kali ya. . . hehe ^^

    sip dah sh4…..

  2. iya iya..
    kalo ada masa lalu yang negatif kita jadiin pelajarn buat ga ngulangin kesalahan kedepan.
    tapi kalo masa lalu yang positif bagusnya kita jadiin motivasi buat melangkah ke depan.

    top lah postingannya bang napi😀

    PS: makasii~ padahal sip apanyaa..blog kamu tu yang sip. Postingannya ajib smua..heheh..

    he.. he.. he..
    sama2 chie…

  3. klo gw dulu berharap jadi diri gw yang kyk skrg, eh skrg gw malah pngen jadi kayak dulu lagi.
    huohohohoho gw aneh

    Be Your Self Bro

  4. yang buruk dijadiin pelajaran
    yang baik dijadiin motivasi
    sipz…

    waduh….
    lagi OL nih….
    jadikan pengalaman itu menjadi sebuah pelajaran….

  5. benar sekali saya juga sependapat dengan anda!!!!!!

    sip dah

  6. terkadang mempeLajari masa lalu emang penting tau tu seneng maupun yang sureemm…..

    eh..

    bTw..

    fi’… daPet inspiresi dri mNa ce???

    baGi dunk……

    ^_^V

    dasar luw

  7. Sia-sia jika kita tak mendapatkan apa pun dari apa yang terjadi🙂
    Belajarlah dari apa yang telah dilalui

    alhamdulillah bener banget…

  8. andai aku bisa kembali ke masa lalu
    aku akan meralat semua kesalahan ku

    bang napik tambah sip aee

    suwun tu…

  9. yuP BNER BGT KALE…

    yah…

  10. iya…yah…
    bener tuh tulisanmu
    aku sendiri juga pengen kembali ke masa lalu
    tapi itu khan dah gak mungkin lagi
    huwaa..
    jadi inget masa lalu

    dasar luh Nad…
    makanya jangan kebanyakan baca anime….

  11. yg lalu biarlalh berlalu, waalupun dulu pernah berjaya jangan pernah memandang ke belakang, tengoklah kedepan sebab massa depan ada d depan kita…bukan di belakang kita …hehehe..

    good posting

    he.. he.. he..
    makasih banyak Mas…

  12. keren artikelnya.. ^_^
    semua lintasan peristiwa bisa menjadi refleksi bagus buat referensi esok hari..

    alhamdulillah…

  13. Hm,, saia juga pernah dan bahkan sedang menglami hal tersebut Nafi…:mrgreen:

    susah sekali untuk lari dari masa lalu…
    😦

    itulah tantangan bagi kita…
    setelah itu kita akan menambah dan mematangkan kedewasaan kita Mas…

  14. tulisan yang baik.. semoga kegiatan menulis anda senantiasa mendapat balasan yang setimpal dari Yang Maha Kuasa.
    Kunjungi blog saya. baca dan analisa dengan seksama. saya berharap kita dapat meraih kemapanan finansial bersama-sama. amin

    sama2…
    saya akan kunjungi blog anda…
    amin…

  15. bener banget.. kita memang selalu bisa mengambil pelajaran dari masa lalu dan tidak mengulanginya lagi di masa depan
    🙂

    setuju banget tuh….

  16. bagi saia, masa lalu adalah proses.. bukan sesuatu yang dihilangkan tapi dijadikan pengalaman…
    *busyet..sejak kapan aku omong bener?*

    yupzzz….
    he.. he.. he..
    mungkin kena virus Napienza kli Mas…

  17. masa lalu, sebagai pelajaran tuk masa yang akan datang…/
    he..he..he…

    jadikan hal tersebut sebagai pelajaran kita untuk masa depan…

  18. masa lalu indah untuk dikenang..
    masa lalu buruk untuk dilupakan???

    memang sulit banget ya…

  19. secara nggak langsung, naluri manusia pasti bakal belajar dari masa lalu

    contohnya aja. kita tau kalo jatuh itu sakit, pasti sebisa mungkin kita ga kan jatuh krna kita udah tau jatuh itu sakit..

    makin pinter aja km Gunk…

  20. yupz…bener….
    karena hidup tak segampang kita kirain…

    setuju banget Mas

  21. widih… posting seru lagi…

    mengubur cita2 itu berarti membunuh diri sendiri…
    soalnya kita bisa hidup didunia sampai sekarang itu karena tujuan dan cita2… ya gag? *ngga*

    yupzzz…
    bener banget tuh

  22. huhh*
    sebagai orang yang terlalu berlarut2 dalam kesedihan masa lalu,
    saya sangat terpurukk

    ;(
    tapi dr sana saya blajar..
    (tuaaaa)

    ku turut sedih nih Rosss

  23. saya terkadang juga merasa sama seperti itu…

    saya juga Mas…
    tapin kita masih manusiawi kok…

  24. setuju sekali dgn postingan ini🙂

    sip dah..

  25. iyopz…..
    SETUJU!!!!!
    always… selalu… musti… kudu… jadi diri sendiri.. ^-^

    sip…..

  26. Saya masih terobsesi dengan Mesin Waktu … Pengen Mendokumentasikan Masa Lalu, biar Bisa Belajar darinya ..

    waduh2…
    tapi bener juga seh…
    lho..!!!
    kok malah ikut2an…????

  27. bagus,sip dah….

    he.. he.. he..

  28. sipp……

    makasih banyak

  29. Mantep postingannya….. Jangan lupakan masa lalu…. Tul gak??????

    betul banget Mas…

  30. Bagus nih:mrgreen:.
    Saya juga melupakan masa lalu yang surem 100%.:mrgreen:

    sama…
    terima kasih banyak Mas dan mampir…

  31. nafi . .
    di rekomendasiin buat ap postingan saia yg “my little obsession”?
    heuheu . .

    yupssss….

  32. hmmm postingan yang dalam nih…
    bagus… salam kenal ya

    salam kenal juga

  33. Masa lalu nggak usah ditengok lagi.’
    Yang penting masa sekarang dan masa mendatang.

    bener banget Pak…

  34. siippp…!!!
    go for the future!!!

    sip dah…
    he… he.. he..

  35. Yeah…
    Maju terus fir the future…
    hehehe

    ok bozzzz

  36. masa lalu itu enak untuk dikenang, kadang bisa ketawa bablas, kadang nangis sendiri.. pokok’e asyik deh..

    sip dah Pak…

  37. masa lalu ku seram mas
    http://www.asephd.co.cc

    wuih…
    itu kan manusiawi…

  38. hooooo tidakkk… gw nyasar ke sini… ada minuman tak?? skalian makanan klo ada…

    lam kenal yuuu

    masa lalu? penting gag sih?? klo gag penting knapa ada plajaran sejarah??? berarti penting dunk???? *garuk-garuk*

    yup…
    salam kenal juga….
    hidup sejarah…***

  39. masa lalu gue adalah kebanyakan makan jadinya gendut deh sekarang T_T huhuhu… suram sekali…

    he.. he.. he..

  40. owwh.. masa lalu…
    penuh dengan kegelapan.. ~_____~|||

    waduh..
    gk ada lampu ya…

  41. hohoho….
    kerenz2…
    emg hrs belajr dari masa lalu…

    tp seperti apapun masa lalu qt, ga boleh ampe ngebuat qt lengah buat nyiapin masa depan🙂

    apanya yang keren..????
    sip dah…

  42. yoolo~
    kogg dikau jadi ikut perihatin..
    Huaaa…..
    (tambah kejer)

    maksudnya..???

  43. Iye..benar sekali…Jadikan masa lalu itu sebagai pengalaman dan kita perlu belajar untuk melangkah ke hari esok…

    alhamdulillah…

  44. masa lalu adalah pelajaran
    masa depan adalah harapan
    masa kini adalah pekejaan

    sip dah

  45. Betul2 remaja yang sejati… selalu menjadikan masa lalu sebagai pelajaran.. mantap…. terus berusaha.. yakin usaha sampai ….

    thanks Mas atas supportnya…

  46. lha klo pengalaman q mesti g enak…. tapi bisa bikin org ketawa.
    terus klo aku inget kejadian yg kocak dan memalukan tu gmn? apa perbuatan yg bodoh jg? ayo jwb…
    tapi sebelumx sory q reply lama.

    ya dilupain aja yang gk berkesan…
    yang penting diinget donkss

  47. saya juga nulis tentang itu ..tapi sedikit beda🙂

    http://hmcahyo.wordpress.com/2008/11/25/ibsn-berdamai-dengan-masa-lalu/

    he..he..he..
    saya akan baca

  48. Amanah dari saudara kita di Palestine
    HASMI “SEBUAH GERAKAN KEBANGKITAN”
    BUKTIKAN Rasa Persaudaraaan KITA untuk GAZA.
    CARA MUDAH BANTU MUSLIM PALESTINA

    KETIK : hasmi(spasi)palestina

    Contoh : hasmi palestina

    Kirim ke 7505

    Berarti anda telah membantu muslim palestina Rp. 6.600 (untuk pelanggan Telkomsel, Indosat, Flexi dan Esia) dan Rp. 5.000 ( untuk pelanggan XL dan Mobile-8).
    HASMI Bekerjasama dengan Depsos RI & MER-C.
    Bantuan juga bisa melalui :

    1. Rekening

    Bank Syariah Mandiri (BSM) Cab.Bogor, no rek. : 016 016 1321
    Bank Muamalat Cab. Bogor no rek 121 000 4815
    BNI Syariah Cab.Bogor no rek. 1450 98 262
    Semua rekening tersebut atas nama Hasmi ….. mohon Bantuannya untuk diSEBARKAN….. http://www.hasmi.org

  49. belajar dari masa lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s