It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Yuk Gali Ilmu Kita…

44 Comments

Banyak banget lho orang di dunia ini yang menderita karena kebodohan yang mereka alami. Dan banyak pula penyebab kenapa mereka menjadi bodoh, diantaranya ; penyakit malas yang sudah mendarah daging, rasa ingin tahu akan sesuatunya rendah, kurang kreatif, lingkungan yang kurang mendukung (baik dalam segi ekonomi, sosial, religi, ….. wah banyak banget deh..???). Semua itu haruslah kita perangi untuk menanggulagi dan menurunkan angka kebodohan di negara ini.

Dan perlu kita ketahui bahwa kebodohan itu sangat menyakitkan, sangat membosankan, sangat menyedihkan dan masih banyak lagi. Dan meskipun kita yang bisa dibilang cukup menguasai ilmu pengetahuan, apabila tidak menguasai suatu materi atau ilmu, pastilah dihati kita akan muncul perasaan gelisah (karena melihat orang lain bisa sedangkan kita tidak), takut, sulit untuk mendapatkan ilmu atau materi baru karena ia telah berasumsi bahwa jikalau dia tidak bisa menguasai materi sebelumnya, pastilah untuk materi berikutnya pasti akan terjadi hal serupa.

Pastilah akan sangat berbahaya apabila sifat tersebut sudah melekat pada diri kita, ya kan…??

Memang untuk orang – orang tertentu yang memang telah “melek” ilmu pengetahuan, artinya sadar sekali akan ilmu pengetahuan beserta manfaatnya, serta orang yang mempunyai semangat belajar yang besar, hal diatas tidak akan berlaku lagi. Malah dengan kebodohan sementara, dalam arti belum bisa menguasai suatu pengetahuan itulah, mereka akan semakin terpacu semangatnya untuk lebih giat, tekun dan bersungguh – sungguh dalam belajar melihat kemampuan mereka yang sudah tertinggal dengan yang lain.

Dan kebahagian, perasaan tenang, kedamaian, dan perasaan puas itu awalnya berasal dari suatu ilmu pengetahuan. Karena dengan ilmu tersebut, baik ilmu yang exact, sosial, religi, maupun yang lainnya, kita dapat memecahkan berbagai masalah, menemukan sesuatu yang hilang dari kita, kekurangan – kekurangan kita, cara untuk bersosialisasi, cara untuk menenangkan jiwa dan menghibur diri kita, memperdalam pengetahuan tentang agama kita masing – masing, dan menyingkap hal yang tersembunyi.

Begitu besarnya anugerah dan manfaat daripada ilmu pengetahuan tersebut, dan kita sebagai generasi muda penerus bangsa haruslah menuntut ilmu sebanyak – banyaknya sehingga dapat kita manfaatkan untuk memajukan bangsa kita dengan meraih prestasi, bahkan mengamalkan ilmu tersebut kepada orang yang belum menguasainya, alias menjadi “guru” bagi orang – orang yang haus akan ilmu pengetahuan, dan mempergunakan ilmu tersebut untuk kemajuan bangsa dan agama kita.

Karena Allah SWT telah menganugerahkan kepada kita akal fikiran yang tiada duanya. Dan kewajiban kita adalah menggunakannya sebaik – baiknya serta mensyukuri anugerah terbesar tersebut.

Dan semoga dengan adanya ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dari berbagai sumber yang diantaranya dari buku, majalah, koran dan salah satunya adalah blog ini, dapat kita manfaatkan sebagai bekal untuk memajukan kecerdasan bangsa dan memajukan agama kita, serta membekali anak cucu kita kelak. Amien…..

Oh ya, pada postingan kali ini Bang Napi punya beberapa kalimat mutiara nih…..:

“Janganlah kamu berbangga dengan harta dan jabatan yang sedang kamu nikmati sekarang (baik jabatan pribadi maupun orang tua kita), apabila dibaliknya kamu tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan dapat diamalkan kepada orang lain. Karena dengan berbagi kita tak pernah rugi, malah dapat bertambah ilmu pengetahuan kita”

NB : “Lho kok pke mottonya IBSN..???”

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

44 thoughts on “Yuk Gali Ilmu Kita…

  1. Yup kita memang harus membekali diri dengan pengetahuan. Karena tanpa pengetahuan ibarat rumah tanpa atap. Tapi jangan sampai pengetahuan itu membutakan iman. Salam kenal juga Bro…🙂

    salam kenal juga ya Mas…
    biar gk dibutakan oleh pengetahuan, syaratnya ya imannya dikuatkan aja..??

  2. rasa malas menghalangi

    jadinya saya tetep bodoh

    bodoh

    bodoh

    dan

    bodoh

    ya jangan begitu kak

  3. iya si, bener banget.
    tapi gw kalo uda g ngerti fisika, udah aja g mudeng. Jadi males ngegali ilmunya. .
    heheh

    lebih semangat lagi dunks belajarnya…
    ku ja sama juga gk seberapa suka ma fisika…
    sukanya ma Matematika

  4. percuma saja jika badannya yang besar, tapi gak ada ilmunya..

    padahal sangat banyak ilmu bertebaran dimana-mana, terutama di dunia maya yaitu internet..

    yang harus kita perangi adalah rasa malas, karna rasa malas adalah setan penghapus ilmu..😀

    bunuh ja rasa malas kita

  5. pentingnya ilmu, smpai2 Allah dan Rasul menyebutnya berkali2 dalam Alquran dan Alhadist..
    makanya, amal tanpa ilmu itu sia2..betul bukan?🙂

    yups…
    betul banget

  6. aQ merasa tinggi di suatu tempat, tapi merasa sangat rendah dan tidak berarti juga di suatu tempat lain…aQ tahu, aQ g bodoh2 amat, tapi terkadang tekanan bisa membuat sy seperti orang yg sangat bodoh, dan merasa tidak menjadi diri saya sendiri, atau paling tidak, saya terkadang membenci diri saya ketika sy menyadari betapa bodohnya saya. Saya Sering mengualngi sebuah kesalahan yg sama, tanpa menyadarinya, kebanyakan karena sy cukup teledor dan tidak fokus & sy jg tidak suka menyalahkan siapa2 atas kebodohan sy sendiri…menyedihkan sekali y…*kok jd curhat* tp keinginan terbesar sy adalah untuk terus berusaha…di doain y biar g gagal2 melulu… hehe

    yups…
    ku kan doain semua temenku, termasuk km kak..??

  7. Wew itu mah bukan kata mutiara. Panjang amat. Paragraf mutiara aja x ya?

    he.. he… he..

  8. yak bener..
    aku setuju..
    semakin kita gali maka semakin dalam..
    semakin digali, semakin dalam..
    digali lagi dalam lagi..
    gali lagi…
    eh nemu harta karun deh..
    atau gak minyak bumi..
    weleh2
    bener deh, ada manfaatnya menggali ilmu

    bisa ja km Mas…
    enak buat refreshing..??

  9. weh bang napi
    emang sih di dunia ini kita sebagai manusia selalu saja membandingkan diri kita dengan orang lain yang ada di atas kita

  10. manusia skrg bodoh bodoh ..
    soalnya polusi makin bnyak ..

    polusi yg terhirup oleh kita bakal ngendap di otak.,
    itu yg buat manusia2 skrg mengidap penyakit malas yang sudah mendarah daging, rasa ingin tahu akan sesuatunya rendah, kurang kreatif,

    sip dah…
    gk kreatif

  11. Nyari Ilmu pake Ilmu biar Berilmu …

    kata2 yang sulit dimengerti

  12. malas pangkal dudulz

    lho kok malah nyindir Mas Dudul

  13. sesungguhnya kita ini cuma amanah. dan pengetahuan kita akan makin bermakna ketika hal tsb menjadi bermanfaat bagi yg lain.. ^_^

    he.. he.. he.. berbagi kan tak pernah rugi…

  14. setuju 10 persen. =)

    dasar luw Mas

  15. maap2. salah tulis yang bener 100 persen. Kok jadi hilang ya 0’nya. Swt.

    he.. he.. he..

  16. maap2. salah tulis yang bener 100 persen. Kok jadi hilang ya 0’nya. Swt.

    …?????

  17. yukitagaliilmu🙂

    emang ilmu tuh harus dicari… dari buaian ampe tiang lahat. luar biasa!😀

    ntar klo ilmunya udah didapet, jangan lupa disebarin n’ diamalin… ok ^_^

    sip dah Mas

  18. yap memang kita harus terus menggali yang namanya ilmu fik!!!
    ok!!!

    Ok bozzzzzzzzzzzzzzz

  19. fik tukeran link ya!!!!
    link km sdh aku masukin!!!
    ok!!!

    Ok…
    tenang aja Mi

  20. wew..pake .co.cc
    ati ati error wekekeke
    saya masih setia dg blogspot

    iya mbak..
    aku kn hati2…

  21. okeh mas lanjooott….

    lanjoooooottt

  22. ilmu di pinggir kota, sudut desa.. harus dicari semuanya…
    di blog juga ada🙂

    sip dah Mas…
    makasih banyak ya Mas atas kunjungannya

  23. kata ustad sanuzi ilmu itu bekal kita esok😀 mak ayuuk rame rame mencari…hehe

    ustad ya Mas…??
    ku juga pengen jadi kaya gitu..???

  24. tuntutlah ilmu samapi ke negeri china sekalipun

    kayaknya pernah dengar deh Mas…
    tapi ku kan coba melakukannya..?
    doain ya Mas…

  25. yang penting fokus terhadap apa yang kita gali. Kalo bisa satu bidang (jangan kemaruk belajar semua ilmu!!!!). Dijamin ekspret!!!

    he.. he..he..
    bener banget tuch Mas…
    aku ja masih suka ma satu bidang, jadi ya ditekuni aja…OK

  26. iya sich Qta emank hrs melawannya mskipun sulit bnget. salam kenal bro

    dasar km Din…
    salam kenal juga ya

  27. Hehehe malaznya diriku sudah menanah gajih haha, susahnya bwt ngebante malez

    tapi tetep semangat ya Mas..

  28. malez adalh penyakit yang smpe skarang susah dicari obatnya…

    buktiny:
    aq tany dokter eh… dia malah ketawa….katanya disini g ngobatin penyakit kekgitu jadi gmana ni sobat nyembuhin penyakit kekgini

    bisa aja km kak..??

  29. hmmmmmmmmmm………….

    gk ngerti maksudnya….???

  30. belajar tiada henti
    tanpa harus menyombongkan dirr

    salut sobat

    makasih banyak kak..
    semangat belajar itulah yang terpenting

  31. 🙂 makanya kamu harus semangat belajar yuach deeeeekk🙂

  32. Kalau disuruh milih, kira-kira milih mana : “Kaya harta” atau “Kaya ilmu”?

    yang jelas kaya ilmunya dulu Pak…
    baru berusaha untuk kaya titit

  33. Wah…adik ini postingannya keren euy….
    tetep berbagi ya dik…😀

    makasih banyak ya Kak

  34. setuju!!!!!😀

    sip dah

  35. blognya udah Qlink ya de, sorry klo kelamaan..hehe

    ya..
    ku juga dah kok kak

  36. akh! nyasar deng. ya uda, kenalan aja deng. dateng ke blog qu ya….

    btw. kalo soal gali ilmu, ku stuju. qu mau kerja di luar negri, biar ga terseret “miskin”nya negara ini…. sapa taw lebi bruntung.

    salam kenal juga…
    ya semangat dalam mewujudkannya itu yang paling penting…
    semangat

  37. Hmmm. bener juga !!!

    sip dah

  38. Sampai saat ini, aku hrs banyak belajar terus.
    masih banyak yg harus diselami dan dikutak-katik,hehehe…

    semangat yach…
    semangat terus

  39. Salah satunya dengan…
    Nge-Blog😀

    bener banget tuch

  40. ughhh…. ~___~

    *ngerasa goblok banget.. apalagi barusan ul fis.. n itu ga bisa sama skali…

    gk kok..
    aku juga bermasalah masa sama fisika

  41. ustad ya Mas…??
    ku juga pengen jadi kaya gitu..???…

    bukan woy ak mahasiswa…

    gk kok..
    masih kecil kok jadi kayak gitu…
    tapi pengen juga sech

  42. sebernarnya aku agag rancu dengan postingan mu kali ney…!
    knapa…??
    karna apa yg kamu tulis tidak mencerminkan akan diri mu…!
    apakah km udah meng aplikasikan tulisanmu ney ke dlm khidupanmu..??
    sama saja ketika kita jualan ponds tp ternyata wajah qt banyak jerwat…!!
    semoga apa yg km tulis bisa menjadi bagian dr sifat mu …
    untuk HIDUP ney…….

    kenapa kok tidak..???
    akan ku usahakan….
    tapi ini juga adalah bagian dari hidupku lho…

  43. tapi aku gak bodoh kan?????
    kapan2 editin blog q yaw!!

    ya gk tau Fir….
    aku lho gk seberapa kenal ma kemampuan kamu

  44. bingung apa maksudnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s