It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Keraguan dalam sebuah Keputusan..

58 Comments

Wuih.. sudah lama banget ya Bang Napi dah gk ngeposting hal yang baru lagi. Sekaranglah saatnya, postingan yang kali ini akan membahas tuntas seputar hal – hal yang selalu mempengaruhi kita dalam mengambil sebuah keputusan, yakni sebuah keraguan. Dan Napi akan memberikan beberapa tips untuk menaklukkannya….

Banyak sekali diantara kita yang selalu tidak yakin dalam mengambil keputusan sehingga menyebabkan suatu kegelisahan, rasa bimbang, bingung, dan ragu yang selalu menyelimuti hati manusia. Yang kemudian akan berada dalam keadaan tertekan dan pusing yang berkepanjangan akibat dari keraguannya. Ya kan…?? (banyak banget lho korban dari kebimbangan dalam pengambilan sebuah keputusan…)

Contohnya saja dalam kehidupan sehari – hari kita, ketika kita berada dalam sebuah Mall yang megah dengan bermodalkan uang yang pas – pasan. Pertama tujuan utama kita berada di Mall tersebut adalah membeli sebuah peralatan tulis – menulis yang dibutuhkan untuk pembelajaran mendatang, namun ketika kita dihadapkan pada sebuah barang yang bagus dan kebetulan sangat kita inginkan, pastilah kita sebagai makhluk yang berpikir akan merasa sangat bimbang dalam memilih mana barang yang paling kita butuhkan saat itu. Akhirnya karena nafsu yang tinggi, tanpa berpikir panjang akibat rasa ragu yang menyumbat pikiran, keinginan untuk membeli barang yang kita sukai ketimbang alat sekolah yang mulanya sangatlah penting, menjadi kita hiraukan. Dan ujung – ujungnya adalah penyesalan yang tak berarti.

Perlu kita tahu, kunci permasalahan tersebut ada pada keragu – raguan kita dalam mengambil sebuah keputusan meskipun hal tersebut sangatlah sepele. Sehingga menimbulkan sebuah penyesalan pada ujung permasalahan akibat keragu – raguan kita.

  1. Dan banyak sekali hal yang menyebabkan keragu – raguan itu muncul, diantaranya :
  2. Memutuskan sebuah keputusan yang tak berati dan tak berguna (tidak memilih terlebih dahulu mana yang lebih diutamakan pada saat itu).
  3. Terbawa oleh nafsu ingin memiliki dan mengembil keputusan tanpa didasari oleh pemikiran jangka panjang.
  4. Selalu melakukan hal yang setengah – setengah

Begitu banyaknya hal hal yang menyebabkan keragu – raguan itu datang kepada kita, namun kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang diberikan anugerah berupa akal pikiran, sebaiknya mengubur jauh – jauh rasa ragu tersebut dengan cara

  1. Memupuk sedini mungkin rasa yakin terhadap apapun,
  2. Selalu memusyawarakan sesuatu hal yang tidak kita mengerti dengan orang lain yang kita anggap lebih pandai,
  3. Serta meneguhkan tekad baja dan selalu mempunyai pemikiran jangka panjang sebelum mengambil sebuah keputusan.

Karena kita ketahui bahwa hidup didalam sebuah keraguan adalah sama halnya dengan memupuk rasa keteguhan dan mengubur dalam dalam rasa keyakiyan kita dalam memutuskan sesuatu. Maka dari itu, si Napi akan mengingatkan untuk diri Napi sendiri dan para pembaca setiap blog Napi ini untuk menghilangkan secepatnya sikap ragu tersebut.

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

58 thoughts on “Keraguan dalam sebuah Keputusan..

  1. saya ga pernah ragu, tapi pasti ada rasa penyesalan. namanya juga masih remaja. gejolak emosi masi tinggi. Jadi gini dah

    ya sama aja tuh…
    sama aja bo’ong…

  2. ho oh. .
    sering nih gw ragu” milih sesuatu. meheheh. .
    tapi ya itu tadi, dipikirin mateng” apa yg jadi prioritas utama .
    =)

    yups bener banget tuh…
    apa kata km…

  3. untuk mengatasi hal ini ada ilmunya mas. sebenarnya orang bisa pake intuisi. tapi kalo belum terasah mending pake yang namanya “making hard decision”

    kita memutuskan dengan decision tree, dianalisa resiko tiap2 alternatif keputusan serta berapa besar peluang terjadinga😉

    waduh…
    bahasanya tingkat tinggi banget tuh…
    tapi intinya sebelum melakukan sebuah tindakan memilih keputusan….
    harus dipikirkan matang2 kan..???

  4. @det: iya bener, bisa dipelajari tuh mata kuliah ANALISA PENGAMBILAN KEPUTUSAN (APK)

    waduh…

  5. kalau sayah mesti mengambil keputusan atas pilihan yang ringan, didulukan yang paling penting. kalau pilihan berat, sholat istikharah minta petunjuk padaNYA

    oia permisi, numpang beken ya. nitip alamat blog yang baru http://www.ingateros.com. alamat’e sajah yang baru, kalo blognya tetep amburadul hehe. lebih beken lagi kalo di tempel ke blogroll hehe *ngarep* biar ikut beken juga.

    bener banget tuh Mas…
    klo yang berat ya minta petunjuk sama yang maha kuasa aja…
    insyaAllah dapet

  6. ak ga pernah ragu .
    tp mnyesal itu sering T.T

    hah..hah..hah..

  7. Hmmmm, ragu yah . Yang ada mah gg tau mau apa *bego . gg nyambung pula . hahaha*

    ha..ha..ha..

  8. wagh, nyindir aQ banget nich…hehe…
    harus konsist intinya………….

    masa kak..??

  9. yeah…ada pepatah kuno mengatakan, jika kamu dihadapkan pada sebuah keputusan yang rumit, maka gunakan keberanianmu utk memutuskan satu diantaranya, jika kamu terlalu lama berpikir dalam kebimbangan, maka kamu akan kehilangan keduanya🙂

    tapi yang lebih baik kan kalo minta petunjuk sama Allah Yang Maha Esa…
    pasti lebih manjur

  10. Kata Al Ghazali dalam kitabnya al Munqidz minadz dzolal : Keraguan adalah Peringkat Pertama Keyakinan.

    gk tau tuh Mas…
    tapi bener juga sech

  11. Males saya ragu-ragu. Saya orangnya sekali ambil keputusan langsung. Hehehehehe.

    wues…
    perlu ditiru nih…

  12. Jangan Pernah Ragu2 dan Setengah2….🙂

    setuju banget tuh Kak

  13. @ndop n det : sy dapat ilmunya itu dipelatihan ngak perlu kuliah😀
    hehehe
    setiap keputusan itu ada konsekuensinya, harus disiapkan juga , plan A, B, C🙂

    he..he..he..
    ilmunya dah tinggi tinggi

  14. planning
    dan konsisten pada planning yg ud disusun

    sip dah

  15. Tahanlah keraguan
    Coba pikirkan atas sebuah keyakinan
    Lalu putuskan

    Eh coba nilai ini http://cucuharis.wordpress.com/2008/11/20/bunga-cinta-yang-terbenam-fiksi-bag-2/

    kuncinya dalah sebuah kayakinan

  16. Yakin…
    posting anda menyadarkan saya agar segera menghapus semua keragu-raguan dalam diri saya.
    dan meyakinkan diri untuk menembaknya secepat-cepatnya. terima kasih

    sama – sama kak

  17. aku ngak banyak comen nich tapi keputusan itu memang susah banget

    he..he..he..
    dasar luw tuh

  18. wadoh aku sering kaya’ geto tuh bang Napi…
    bingung waktu duit ngepas n age di trimed atw di Uranus
    bingung mw beli komik yang mana
    haghaghag

    he..he..he,,
    dasar luw

  19. Memang banyak yang harus dipertimabangkan dalam membuat keputusan….
    Dul..linknya dah gw pasang….

    sip dah

  20. bang napi emang bener-bener deh…🙂
    oya, izin ngelink ya bang

    bener2 gimana nih..??
    yups…
    gk pa2 kok

  21. sebenar nya berfikir itu apa…???
    knapa allah menciptakan manusia dengan akal pikiran…….???
    coba kamu jawab….

  22. glodak gw sih langsung tabrak ajah… meski tar hasilnya ancur… tapi gw gag nyesel… soalnya gw dah siap konsekwensinya… ngemeng epe yeee

    waduh…
    tekad bulat ya

  23. ya, memang dalam mengambil sebuah keputusan, memang banyak resiko yang akan kita ambil juga…
    itulah hidup dan harus kita jalani dengan sebaik -baiknya…
    NB: o,ya jangan lupa mampir di blogku

    yupsss…
    hidupkan sebuah keyakinan dalam diri kita aja…

  24. memeg tak mudah mgmbil keputusan tapi harus berpikir kreatiph yhaw

    yups bener banget tuh…

  25. makanya jangan ragu menghadapi masalah😀

    he..he..he..

  26. Keraguan diperlukan untuk berpikir ulang tapi keyakinan melebihi apa yang kita pikirkan.

    bahasanya tingkat tinggi banget ya

  27. wadu.. berat.. tp yg q tau y.. Allah dah nyiptain q satu set ama ragu.. tyus knapa qta hrz nglangin cptaanya ntu? ragu ntu jg byk gunany.. so.. syukuri aja sgala sesuatuny.. ga usah neka neko

    syukur aja Mas…

  28. keraguan itu penting lho kalau gak punya rasa ragu2 nanti gak mikir 2 kali

    ingat nama itu doa bang napi itu nama yang jelek

    salam kenal

    ya emang bener seh Mas..
    salam kenal juga Mas..
    makasih banyak atas kunjungannya

  29. Kayak iklan “hidup adalah sebuah keputusan” !!! Heh emangnya da ye ???

    wue…
    ngopi dari mana Mas….

  30. u ragu2 ta pik?
    berguna banget artikelx!!!!

    gk kok..
    makasih banyak atas kunjungannya ya

  31. pi….kepanjangan….males baca….laen kali aja ya bacanya….pukokna ngomment kan ?

  32. Ass.. kak masa kalo d mall trz bli suatu barang harus pke musyawarah????
    Kan kelamaan!!!!!!
    keburu malem teruz tokonya keburu tutup dech

  33. wah benar sekali itu bang napi!!!
    aku juuga akhir-akhir ini juga selalu dilanda dengan rasa bingung yang berkepanjangan!!!
    tapi lucunya aku sendiri sampai heran ternyata setelah aku melihat artikelmu, ternyata masih ada yang senasib dengan ku !!!
    hi!!!!
    hi!!!!!(^_^)

  34. eh bang napi tukeran link yuxk!!!!

  35. link sampean dah aku masukin !!!!!

  36. tapi bang napi apakah manjur tuh tipsnya aku jadi ragu ragu soalnya aku pesimis sama tips yang sampean berikan diartikel sampean, pasalnya kau sudah pernah mencobanya tapi masalahnya tambah nggak kelar-kelar malahan tambah berabe, aku jadi sanksi sendiri nih!!!
    !!!

  37. bang napi !!!!
    pasti tahu jawabannya kan mantan narapidana!!
    hi!!!( cuma iseng)
    (^_^)

  38. Wih…
    Postingannya…

    #Ngowoh… :D#

  39. ha ah kalau dalam berbagai hal RAGU2 tuh pasti bakal muncul pasti nafsu tuh bakalan muncul soalna kita kan diciptakan dgn akal,pikiran, plus nafsu hohoho biar gk bimbang bagaimana kalau kita buat agar kita gk punya emosidan nafus hohoohoh pasti ragu-ragu itu kgak pernah muncul hee hee ^^V

  40. comment nggak ya…

    *ragu2 nih

  41. masuk banGet kata-katanYa.

  42. Memang sulit untuk menentukan keputusan yang sama beratnya, jika salah maka penyesalan yang akan terjadi. Tapi memang perlu pengorbanan dan perlu keberanian.

  43. masih ragu-ragu untuk nulis posting nih, keyakinan kok jadi keyakiyan, pada paragraf terakhir😀

  44. waduh, bagus bgt..
    makasih saran ny..
    oia, muup sudah membuat kka menunggu..
    ak jarang update sihh..
    Hhe*

  45. Aku sih nggak pernah ragu…
    tapi satu hal..
    aku harus comment apa ya ???

  46. jangan ragu dan jangan bingung….
    posting posting aja….,

  47. ragu?
    hmm .. sebaiknya jangan ..
    karena akan berdampak pada hasil dari keputusan kita, kebanyakan orang yang ragu selalu berakhir dengan penyesalan ..😀

  48. ragu, ya?
    Tapi aku emang orangnya gampang pesimis. jadi apapun keputusan ku aku akan ikuti kata hati ku. andaikan itu salah, aku enggak akan larut dalam penyesalan dan itu akan jadi tanggung jawab ku.
    oK, bagus Pi’…

  49. iya nih aku juga sering ragu klo mengambil keputusan…..
    pi’ sbnrnya aku mau mosting..tapi males ngetik….

  50. gAg uSa raGu Fi’..

    caYoO..!!

  51. emang susah, tapi kita harus berusaha…yang manakah yang lebih tepat????berjuanglah nak!!!

  52. iya pi’ kadang q juga ragu, jadine salah ambil keputusan…
    tapi selanjutx kita emank hrs dewasa lagi dlm berpikir dan ambil keputusan kan?

  53. tapi kadang keraguan tuh berpengaruh dalam hidup kita…..
    yang betul tuh dalam hidup kita harus da kata optimis dan yakin akan sesuatu yang kita anggap benar…

  54. mengambil keputusan meng sengat brat
    apa lagi trjepit antara 2 pilihan yang sengat penting dalam kehidupan Qt
    mengapa harus ada i2??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s