It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Riya’

30 Comments

Waduh, Bang Napi mana postingan terbarunya….??? Wah sulit juga ya menjawab pertanyaan tersebut. Karena terbatasnya waktu untuk ngeNet , kendala uang yang menjadi penyebab utama, serta belum adanya inspirasi buat ngeposting menjadi penyebab utama para blogger yang kebingungan mau posting apa..??? Termasuk Bang Napi ini (He.. he.. he..). Namun setelah menunggu sekian lama, akhirnya nongol juga idenya. Berikut cuplikannya…

Riya’ merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya, bahkan lebih berbahaya dari demam berdarah atau aids sekalipun. Sulit membedakan ibadah jaman sekarang yang tidak bercampur riak. Kalau belum mengerti tentang pengertian Riya’ itu sendiri, Riya’ adalah sebuah amal perbuatan yang tujuannya bukan karena ingin mendapatkan ridlo dari Allah SWT, melainkan hanya untuk mendapatkan pujian maupun penghargaan dari orang lain karena yang bersangkutan telah melakukan amal perbuatan yang dinilai baik ban benar.

Perlu kita ketahui, bahwa amal baik belum tentu bernilai baik sebelum diketahui niatnya. Bisa saja manusia memberi gelar pahlawan kepada seseorang yang memiliki keberanian dan tanggung jawab yang besar dalam membela agama dan negaranya, akan tetapi Allah yang Maha Mengetahui pastilah tahu, pantaskah ia mendapatkan penghargaan tersebut jikalau dilihat dari niat orang yang telah berjasa tersebut, apakah berjuang dijalan Allah atau hanya untuk mendapatkan penghargaan semata.

Demikian pula halnya dengan orang kaya yang dermawan, belum tentu kedermawanannya berkenan di hadapan Allah. Boleh jadi kemurahannya dalam memberi digerakkan oleh niat-niat tertentu yang dapat merusak pahala sadaqahnya. Orang-orang yang menerima sumbangannya tidak mengetahui niat orang tersebut, tapi Allah SAW selalui memonitor gerak hati seseorang. Dia menilai tidak sekadar dari lahirnya, tapi lebih penting lagi adalah niatnya. Itulah sebabnya, niat dalam ajaran Islam menempati posisi sentral dan sangat menentukan.

Dalam kehidupan sehari-hari ada contoh yang sederhana. Di siang hari yang panas, seorang lelaki masuk ke masjid. Jika dilihat dengan mata telanjang, perbuatan itu sangat terpuji. Akan tetapi siapa tahu niat yang tersembunyi dalam hatinya. Bisa jadi ia masuk ke mesjid dengan niat untuk istirahat. Jika niatnya seperti itu, maka ia akan memperoleh yang diniatkannya. Ia terhindar dari sengatan matahari dan terlepas dari rasa penat. Lain halnya jika ia meniatkan untuk i’tikaf. Boleh jadi ia mendapatkan kedua-duanya, yaitu pahala sekaligus istirahat yang cukup.

Dalam kenyataannya, banyak sekali perbuatan manusia yang motivasinya campur aduk antara ikhlas dan Riya’. Misalnya, orang yang menunaikan ibadah haji seringkali niatnya tidak semata-mata untuk ibadah, tapi jauh sebelum keberangkatannya mereka sudah membuat rencana untuk membeli perhiasan, makanan, pakaian dan oleh-oleh lainnya untuk disebarkan kepada kerabatnya di tanah air.

Jika kita sudah membaca beberapa contoh yang telah saya berikan, kita dapat menyimpulkan bahwa Riya’ merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya. Bahkan lebih berbahaya dari demam berdarah atau aids sekalipun. Itulah sebabnya Rasulullah SAW sangat khawatir dengan penyakit ini. Beliau takut ummatnya terjerumus pada penyakit yang beliau sebut sebagai syirik yang tersamar itu.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa, apakah yang kita lakukan untuk menghindari perbuatan tersebut?. Akankah kita juga termasuk didalam golongan tersebut?

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

30 thoughts on “Riya’

  1. we…aku yang comment pertama!!

    Emang segala sesuatu yang niatnya tulus hasilnya pasti tulus juga koq…
    Eh ada juga loh yang naik haji tapi emang pengen ngasih oleh2 ke saudaranya. Disebut riya kalo dia ngasih tapi pengen dipuji atau biar dipandang tinggi sama saudara2nya..

    Tukeran link ta pi..

    yang pertama yach…
    yupzzz… bener banget pa pendapat km…
    tukeran link yach

  2. Riya … Politik Image ….Ah, Mbuh lah …

  3. tapi kita juga gk punya hak buat men-judge orang dia riya atau gk..
    yah, kembali ke diri masing2 aja,semoga kita dijauhkan dari sifat tercela ini

  4. hmm… emang bener nich kata bang Napi, tapi gimana nih kalo kita berbuat jahat tapi niatnya baik..
    btw : makasih udah masukin linkku di blogroll kamu, thanks😉

  5. bener2 dah elu bakat deh jadi pak ustadz…

  6. haha..alid bener tuh..
    bakat jadi ustad . heheh..

    hmm..moga- moga kita smua bisa ngehindarin dari sifat riya..

    amin~

  7. Kadang PD dan riya itu tipis batasnya, cuman orang bijak saja yang bisa membedakannya🙂

  8. yaaa… sering-sering istighfar saja deh…

  9. Memang benar riya’ adalah penyakit hati yang berbahaya maka dari itu kita harus dapat mengilangkan atau meminimalisir sifat riya’ yang ada pada diri kita OK!!!

  10. Wah…wah…wah…dah pantes lu Pi jadi ustadt…
    Palagi kalo diselipin haditznya…?! tambah muantap.
    Oke Pi… Very good your Post..

  11. Klo ngoment ustadz harus salm dulu nih…
    Assalamu’alaikum….
    Bener banget Pi’….
    Segala sesuatu harus dilakukan dengan niat yang ikhlas.

  12. Salam Kenal..

    Hoho..Nice2..
    berarti harus hati2 donk…
    kalo dipikir-pikir..riya’ yg telah aku lakukan lumayan…

    AAAA TIDAK!!…ToBATTTTTTTT T_T

    thanks postingannya…

    tukeran link dapet mug cantik.*

  13. YA KITA SEBAGAI UMAT ISLAM SERING-SERING BERDOA K\AGAR KITA FIJAUHKAN DARI SIFAT RIYA’ DAN MUDAH-MUDAHAN KAITA TIDAK TERMASUK GOLONGAN ORANG-ORANG RIYA’. AMIN AMIN YAA ROBBAL ALAMIN.

  14. ih, serem..
    riya penyakit yang sering bersarang di hati orang yang merasa hebat..
    ak ga mau jd orang hebat akh..
    (ga gitu juga kali)

  15. wah Bang Napi yang posting gini aneh tuw rasana..
    Napi khan narapidana haghag…
    tp semoga quh dijauhin dari sifat riya’ tuw
    amiiiin…

  16. Riya’ penyakit yang menyeramkan… ==”
    thx ya napiii dah posting artikel seperti ini
    jadi kita semua bisa tw penyakit apaan tuh
    tapi aq juga agak gak nyambung hee hee =)

  17. Ass..Pak ustadz..
    Ih curang..Msa’ tmn ndiri g dmsukn k sesat.Com.Oiy bnr u ikt SKI da gnanya jga z.Bs jdi ustd loe ckrg.Riya’ tu emg prbuatn dosa.Wlwpn qt dh nymbg duit nech bgtu bxk tpi..G da gunanya d mta Allah kl org tu pgn dipuji atw mnta imbln.Tu emg bnr.

  18. harusnya km jgn nyebut diri km napi, mending ustad ato guru lebih cocok fi’🙂

  19. kalo riya’ penyakit yang berbahaya obatnya apa dumz?????😆

  20. Bukannya Riya” tu yang keluar dari mulut yhaw?
    he..he..
    baguz tuch, byr blogger mania dapet wawasan!!

  21. Wawasan baru nih…

    kok tambah D’masip wae

  22. i agree with you!!!
    ok bro!!!

  23. ngeblog termasuk riya ngak ya?

  24. wah aku nggak seberapa tau tentang riya’ maklum masih awam

    tapi kalau riya’ itu ibadahnya nggak sah yah

  25. Masih mending ada orang masuk masjid dengan niat istirahat, gimana kalau ada orang masuk masjid biar nggak dikejar warga kampung karena ketahuan mencuri ayam. Hehehe…

  26. he vi’ kamu kena riya’ y!! kamu kn kalo batuk-batuk keluar riya’nya… he..he.. just kidding key. new blognya mana vi’?

  27. Maksudnya itu untuk mendapat pujian gitu ya?

  28. Kalo ria irawan gimana ya?

  29. nafiii
    lht di blogq km dapet award loo =)

  30. rya itu nama temen saya lho…
    hehehe.. thnx postingannya
    ayo2.. hati2 thd riya’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s