It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Pengalaman= Guru Terbaik

34 Comments

Lama nian kita sudah tidak bertemu wahai kawan-kawanku, karena kesibukan yang lagi diemban oleh Napi sebagai seorang pelajar yang baik, maka ya beginilah jadinya: blog menjadi sempat tidak aku urus hampir selama kurang lebih 2 mingguan, aduh kasihan blog_ku. Ngapain aja lho…??? Ya belajar lah, lha sekarang kan lagi banyak-banyaknya tugas…. Inilah persembahannya….

Pastilah kita sering mendengar entah pernah atau tidak, tapi minimal kita pernah mengenal istilah bahwa, “Jadikanlah pengalamanmu baik yang mengesankan maupun yang pahit sebagai gurumu”, pernah kan?. Memang banyak orang-orang bijak yang mengatakan hal tersebut, namun apakah Kalian tahu makna dibalik ungkapan atau nasihat tersebut……??

Meskipun kata-kata tersebut sangatlah singkat, namun jika kita pelajari lebih serius lagi pastilah kita menemukan titik terdalam dalam ungkapan tersebut. Yang menjadi permasalahan apakah hal tersebut?.

Banyak orang di dunia ini yang sudah pasti pernah mengalami hal yang baik atau juga bisa dibilang mengesankan maupun hal yang amat terasa pedih dan sangatlah pahit. Wajarlah jikalau seseorang yang mengalami hal yang mengesankan tersebut selalu mengenang dan berusaha untuk mengabadikan kenangan tersebut kdalam berbagai media “pelampiasan”. Namun, bagaimana dengan orang yang mengalami kejadian di masa lampau yang bisa dibilang sial atau mengalami kejadian yang sangat pahit….??

Kebanyakan orang yang tidak memiliki pandangan ke arah kedepannya atau masa depan, pastilah akan terjerumus kedalam lubang hitam kesengsaraan tersebut dan hanya bisa meratapi kejadian masa lampau dengan membuang air mata yang sia-sia dan “mempersuram diri sendiri”…?? Itu hanya sebagian dari tindakan seseorang yang tidak memiliki semangat hidup untuk selalu berubah lebih baik lagi. Seperti yang telah dijelaskan oleh Napi beberapa waktu yang lalu dalam sebuah artikel yang berjudul, “Perubahan Itu Perlu”, masih ingatkan kalian… Baca dong..!!!!!

Memang banyak sekali cara untuk merubah diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, salam satunya dengan senantiasa Menjaga semangat kita untuk bisa selalu berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada atau peristiwa-peristiwa yang telah terjadi kepada kita.

Memang sangatlah sulit bagi orang yang sudah lama terpuruk kedalam sebuah pengalaman yang dangat pahit atau orang yang tidak bisa meningkatkan semangat hidupnya untuk selalu bia berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Namun, itulah salah satu tantangan hidup kita, toh… dengan perlahan-lahan menumbukan semangat kita menjadi seseorang yang ingin berubah, kian lama asalkan dilaksanakan dengan serius pastilah juga akan menimbulkan dampak yang sengat menakjubkan pada diri kita.

Pengalaman mempunyai peranan penting dalam kehidupan seseorang untuk menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga sekaligus pedoman dalam hidup untuk melakukan hal yang lebih baik dengan yang sebelumnya. Banyak hal hal yang dapat dilakukan seseorang untuk dapat belajar dari pengalamannya sendiri, karena tidak semua mempunyai kadar semangat dalam berubah yang sama dengan orang lain.

Dengan sedikit demi sedikit berusaha dengan giat berubah mempelajari pengalaman dengan baik, syukur-syukur apabila kita mau berbagi dengan orang lain mengenai masalah kita, akan mempercepat proses belajar kita. Mulailah dengan serius… Dan mulailah untuk bisa belajar dari masa lalu kita… Mulai dari sekarang… Apakah yag akan anda lakukan mulai dari sekarang…???

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

34 thoughts on “Pengalaman= Guru Terbaik

  1. pertamax kah?

    ah nggak ah…

    masa sih pertamax?

    ah nggak ah…

    serius mode on:

    makanya sama orang yang lebih tua itu harus lebih menghormati, soalnya pengalamannya lebih banyak… hohoho…

    *emange pengalamanmu sak piro ndop?*

  2. sepakat sobat
    pengalaman adalah guru terbaik

    semangat!

  3. eXperienCe is tHe beZt teaCher….

    wahahahha..:mrgreen:

  4. wah, lagi sibuk belajar ya deq ya…
    oya, k’ lupa… napi itu udah SMP atau udah SMA?
    ya, whatever… yg pasti kan UAN bulan april kan? udah deket tuch…. iseng2 aja baca bolak-balik buku di waktu senggang… hehe (sok nasehati!😛 )

    keep posting ya deq…. tapi usahakan jangan sekarang2 ini. Belajar dulu yang rajin.. hehehe.. peace!😉

    http://www.zuraworld.co.cc

  5. Memang benar fi’ pengalaman itu menjadi guru qta tapi qta juga’ harus dapat membedakan antara pengalaman yang dapat dijadikan sebagai guru dan tidak. Ok….? yang akan q lakukan adalah belajar dan belajar terus dari pengalaman yang pernah saya yemui karena qta menyadari bahwa semua manusia pasti mempunyai kekurangan…..!!

  6. gw lebih sering belajar dari apa yang telah gw perbuat ^^ kalo gw pernah salah ngerjain soal, pasti gw cari knp gw bs salah ^^

    gmn kabarnya neh? jarang online gw hehe

    Peace and Love
    Red Dog

  7. Wah itu sih jelas
    Tapi aku maunya yang good Experience aja deh
    Wuehehehehehehehe

  8. mksy ea udh maent k’blog aq..

  9. Bener tuh, pengalaman is the best teacher…!
    Kita harus berani menghadapi hal-hal baru (yang positif) sebagai pengalaman. Tapi kita juga harus belajar untuk tidak mengulangi pengalaman buruk yang sama… ^^

  10. emank penting banget tuch kak….

    bdw YMq kpan????

  11. kita memang kadang harus merasakan jatuh kalau ingin tahu tegarnya berdiri. kadang harus sakit untuk sadar nikmatnya sehat. tapi nggak bisa mati dulu untuk menyadari pentingnya hidup…

  12. sip! pengalaman apapun itu, baik, buruk, manis, pahit, kecut, indah, suram —–> harus bisa diambil hikmahnya untuk menghasilkan sesuatu yang selalu baik, manis dan indah. another nice posting from Napi! thanx!

  13. yupz.. jangan takut untuk mencoba… (+)🙂

    salam kenal…😉

  14. wey!!!
    makasih banyak ya prend atas bantuannya!!!
    besok2 jangan sungkan2 bantuin aq lagi yach.. he..99x

  15. tapi nggak selamanya pengalaman itu guru terbaik (ngutip perkataannya romi satrio wahono di wordcamp kemarin😉 )

    hhe. semangat ya fi’ !!

  16. iyap. betul banget. Pengalaman itu guru nomer 1. =)

  17. aku juga pernah merasakan guru terbaik…

  18. emang . .

    pengalaman itu guru yang terbaik pi’ . . . .

  19. hmmm…
    hmmm..
    hmmm…
    *mikir*

    oh gitu yah.

    hehehe.
    aq sakjane ada si YM, tapi jarang OL.

    suzaku_mikami@yahoo.com

    kalo emang mau ya add aja. Ok!

  20. mampir ahhhh,,

    salam knal bro,,,

  21. comment rutin per post,,😀
    dari kemarin kok gak keliatan nih blog…
    kemana ya?

  22. tidak ada yang kekal kecuali perubahan itu sendiri

  23. pengalaman emang penting yah,,hhe,,

  24. pengalaman emang guru yg terbaik

  25. beuh, omongan lw dewasa amat pi….buat seumurlu….naguslah…

  26. keliatannya semua guru itu baik,,
    pepatah mengatakan (guruku, orang tuaku)

  27. btw : ehh.. blogrollnya diganti donk kan udah pindah di ddery.com
    Okee..😉

  28. btw : ehh.. blogrollnya diganti donk kan udah pindah di ddery.com
    Okee..😉

  29. walh,.. guru tbaik itu bkan pngalaman d kykny.. qt yg msh muda ni kan mci dkt pngalamanny

  30. ho`oh..

    *fast reader mode=ON*
    😄

  31. but in the other hand
    sometimes experience made people think tomorrow is heavy

  32. Hi friend.. Interesting and informative post.. Good work.. Do visit my blog and post your comments.. Take care mate.. Cheers!!!

  33. Terima kasih atas artikelnya….
    Dan salam kenal mas…..

  34. hahah gurumah gak mua kalah mas ama murid apalagi guru skarng ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s