It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

Kartini.. dan Kartini saat ini..

34 Comments

Mengingat sebentar lagi akan segera tiba saat dimana kita mengenang perjuangan salah satu tokoh di Indonesia yang berjasa dalam hal Emansipasi Wanita, yakni RA. Kartini, marilah bersama-sama kita menyambutnya dengan penuh kesadaran dan mawas diri ( Ya iyalah kita harus sadar, kalau gak sadar mana bisa kita main komputer, apalagi nge-buka blog orang…!!). Ini dia……

[SEJARAH R.A KARTINI] R.A Kartini yang dilahirkan dengan menyadang gelar Ningrat Jawa semenjak beliau kecil, mulai belajar pada sekolah ELS (Europese Lagere School) yang sederajat dengan SD, sudah fasih dalam melafalkan bahasa Belanda. Dimana bahasa itu tidaklah asing ketika penjajah Belanda yang sudah 350 tahun menjajah Negara kita.

Dengan mengandalkan kemahiran dalam berbahasanya itulah, beliau mulai menulis surat kepada beberapa sahabat penanya di benua bersalju tersebut (Eropa), khususnya di negeri Belanda.

Dengan surat itulah, beliau menuliskan berbagai macam rasa hatinya, termasuk kendalanya dalam memajukan kaum perempuan pribumi yang pada saat itu hanya terkurung dalam dinding-dinding rumah yang pada suatu saat menunggu keputusan orang tua untuk dipingitkan denga orang yang dipilihkan orang kedua orang tuanya. Serta kedudukan kaum perempuan yang rendah dan terhalang oleh adat-adat istiadat setempat.

Hal tersebutlah, yang membuat R.A Kartini berniat untuk menuntutu ilmu di negeri yang dingin tersebut (Belanda). Namun cita-citanya terhalang dengan perintah orang tuanya yang sudah menjodohkannya dengan seorang Bupati setempat. Dan oleh sebab itulah cita-citanya kandas ditengah jalan.

Namun, dengan pernikahannya itulah, beliau malah dapat mengembangkan salah satu cita-citanya yang telah kandas dengan dukungan sang suami yang sangat berperan penting, yakni memperbolehkan beliau membuat bukunya sendiri. Hal itulah yang membuatnya semangat, dan berkat kerja kerasnyanlah, beliau dapat mendirikan sekolah pendidikan yang diperuntukkan bagi wanita pribumi yang ingin menuntut ilmu guna mencerdaskan mereka.

Dengan membaca sekilas tentang kehidupan sekaligus sejarah singkat tersebut, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa perjuangan dalam memperolah sebuah keadilan dan pengangkatan kembali derajat yang sudah tertindas memang sangatlah susah. Namu dengan adanya semangat dan kerja keras yang tinggilah dan tak lupa memohon bantuan dari tuhan yang maha kuasa kita semua dapat mewujudkannya. Apapun itu…

[FAKTANYA] Memang pada zaman yang sudah berkembang dengan pesat seperti ini sudah banyak wanita yang mulai malakukan banyak sekali perubahan, mulai dari perubahan yang kecil, seperti memilih mode pakaian yang disukainya sampai yang tinggi sekalipun, yakni mulai banyak wanita yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat bahkan yang sudah menjadi pemimpin sekaligus.

[CONTOHNYA] Namun perlu kita ketahui bahwa tak semua hak dalam kehidupan manusia ini dapat dipersamakan, mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa, misalnya: perbedaan fisik, contohnya: pakaian lelaki yang memang sudah biasa agak terbuka pada bagian tertentu, masa wanita juga ikut-ikutan…???

Hal tersebut adalah salah satu dosa menurut agama, karena telah memperlihatkan auratnya yang dilarang untuk dipertontonkan kepada khalayak umum. Hal tersebut kan malah mencari gara-gara sendiri, toh agama sudah memberikan sebuah larangan yang menjauhkan para wanita yang memakain pakaian tertutup (layak dipandang) dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Bisa-bisa kalau ada sebuah tindakan [maaf], pemerkosaan yang dipersalahkan adalah sang pelaku. Memang benar kalau keduanya bersalah, tapi dengan para wanita memakai pakaian yang serba kekurangan dapat mengundang nafsu syahwat lelaki yang sangat sukar untuk dikendalikan bagi beberapa orang. Benar kan..!!!

Itu hanyalah sebuah contoh kecil saja dar kesalahpahaman seseorang dalam memaknai sebuah persamaan. Oleh karena itulah kita harus lebih selektif lagi dalam memasukkan sebuah kebudayaan baru yang pada awalnya asing bagi kita. Buat kita kok coba-coba…. He..he..he..

[WANITA INDONESIA] Tapi dampak dari perjuangan R.A Kartini tersebut memang sangatlah besar bagi kemajuan bangsa Indonesia ini. Sudah banyak wanita Indonesia yang telah banyak memberikan kebanggan bagi Indonesia ini, dan dalam berbagai macam bidang. Misalnya saja dari segi budaya, khususnya Musik, yakni diantaranya : Ruth Sahanaya, Agnes Monica, dsb. Perfileman diantaranya: Film anak bangsa, Laskar Pelangi, dsb. (Maaf Napi kurang tahu..???).

Dengan begitu, bagaimanakah dengan Anda (baik yang laki-laki maupun wanita), apakah yang bisa membuat bangsa ini bangga dengan Anda…….????????? Kerja keras dan berdoa kepada tuhan yang maha kuasalah kunci dari pertanyaan tersebut. Always Be Yourself….

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

34 thoughts on “Kartini.. dan Kartini saat ini..

  1. Semangat dalam memaknai hari kartini ini… namun janganlah hanya pada hari kartini saja, melainkan pada hari2 pahlawan lainnya…

  2. Selamat Hari KArtini……, tpi aq sekarang kok banyak ngelihat malah keblabasan………..

  3. Nabi pernah bersabda yang berisi pemberitahuan bahwa apa-apa yang dimiliki oleh wanita HANYA SEPARO dari laki-laki, baik itu agamanya, ibadahanya, kemampuan fisik dan pikirannya, dll. Jadi tidak mungkin bisa setara antara laki-laki dan perempuan dari hal apapun jika kita merujuk pada sabda Nabi tersebut.
    Adapun yang dilakukan oleh RA. Kartini memang tidak dipungkiri itu adalah perjuangan yg hebat, namun tidak bisa dijadikan sebagai ketetapan bahwa wanita sama derajatnya dengan laki-laki.
    Wallahu a’lam

    memang bener banget…
    ada kalanya wanita derajatnya di bawah pria…
    karena sesungguhnya Allah SWT menciptakan manusia juga didasasri atas perbedaan..
    itulah dia yang menjadi jawaban utama…
    salah satu diantaranya perbedaan derajat untuk beberapa hal

  4. segala sesuatu ada porsi dan batasannya masing-masing…
    jangan kebablasan aja, nggak cuma buat perempuan tapi juga buat laki-laki.

  5. ya selamat bersaing juga prend

  6. wah, sainganku neh,,,,hehehehehe
    iya jaman sekarang eman udah beda ama jaman dulu, bedaaaaaaaaaa begete….
    met berjuang yawh kartono….
    kan klo cew kartini, hehehehehe…………

    semangat mbak..

  7. Allah menciptakan manusia itu sama rata derajatnya. Hanya iman tagwa dan amal ibadah yang membedakannya.
    So, mo cow ato cew semua bisa dibanggakan oleh agama, ortu ma negara.

  8. waedh.. dek?? bukannya peniti ga boleh ikut ya??

    wkwkw..
    met bersaing aja deh..

  9. Wakakakaka
    Pesaingan cemakin ketad, tapi enak juga malem2 liad postmu, bisa tombo kantuk

  10. Kartini is wonderwoman deh !!!!!

  11. Kalo saya baca ini, jadi inget ada postingan yang bilang gini..

    Bilangnya empansipasi wanita, tapi kok wanita kalo disuruh betulin atap bilangnya, ‘Kan panas, nanti kulit saya rusak. Harusnya lelaki yang kerja itu..’

    Bilangnya empansipasi wanita, tapi kok wanita kalo disuruh berdagang di pasar, bilangnya ‘Itu kan pekerjaan lelaki. Sudah seharusnya dia menjaga rumah tangga’.

    Bilangnya empansipasi wanita tapi…

    Kalo ada makanan, minuman, atau apapun yang membuat nafsu makan naik selalu bilang ‘ladies first’.

    Kalo ada uang ataupun kedudukan, selalu bilang ‘sekarang wanita juga bisa memimpin’.

    Kita memang diciptakan Tuhan laki dan perempuan ini berbeda memang. Tidak sama. Jadi walaupun wanita bilang empansipasi, sampai kapanpun memang tidak sama. Wanita dan laki-laki memang sederajat tapi berbeda dalam fungsi.

  12. hmm..mudah2an semakin banyak kartini2 yang mampu melakukan perubahan..

  13. Hehehe…gimana kabar Pi….lama juga saya ga’ main kesini..
    Good your posting Pi…
    Menginatkanku pada pelajaran Sejarah Nasional..
    Keep update ya…?

  14. lama gak kesini🙂

  15. selamat hari kartini….semoga wanita indonesia semakin maju!!!

  16. bnyk yg bicara tentang kartini., tp knp gk bnyk yg bicara tentang minke.??

    wanita dan pria memang berbeda dalam bnyak hal., tp tidak lantas karena perbedaan itu maka pria lebih baik dr wanita., begitupun sbaliknya.

    :spertina tema feminis mulai booming:

  17. di sekolahku biasanya ngerayain kartinian, tapi lagi UN nih!

  18. Salam Nafi’…lama tak dengar khabar, gi mana sekarang ?

  19. huhuhue… selamat hari kartini..

    semoga makin banyak kartini-kartini Indonesia betebaran…

  20. hallo mas napi salam kenal…..

    and met hari kartini ye…..
    jgn lupa kunjungi blog gw..

  21. yang bisa buat bangsa ini bangga sama aku ..
    belum tau . ahhaha .. ntar deh aku buat bangsa ini bangga punya aku.
    gmn kabar fi?

  22. lomba di school y..
    aQ jga ikut, met brsaing..
    hehehe

  23. wow, mana hari pendidikan nasionalnya??

    wekekeke…

  24. mudah-mudahn ibu krtini mendapat aliran pahala.. amin

  25. ikutan lomba 100 posting jg toh bro…

  26. yupz ibuku lebih dari ibu kartini, dia membesarkan saya sampai besar.🙂

  27. perempuan itu tetap dibawah laki-laki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s