It's me and my blog

Blogging, Education, Advertisement, Inspiration, and Many more

[Terapi] Solusi Menghadapi Kesedihan

40 Comments

[Intermezzo] Dengan begitu banyaknya masalah yang melanda orang-orang dewasa ini banyak yang menimbulkan dampak sebuah kesedihan yang mendalam bagi beberapa diantara mereka. Kita lihat saja begitu banyaknya CALEG yang mendaftarkan dirinya pada PILLEG (Pemilihan Calon Legislatif) kemarin banyak dari mereka yang mengalami kekecewaan dan kesedihan yang sangat mendalam. Sampai ada yang terserang berbagai komplikasi penyakit yang tak tahu kenapa bias terjadi, ada yang terkena masalah kejiwaannya atau orang biasa menyebutnya “STRESS” dan tak banyak yang melakukan tindakan yang terpuji dan dirasa pantas bagi mereka, yakni bunuh diri, sungguh tragis.

[Faktanya] Wah… Melihat banyaknya masyarakat baik dari segi manapun dan dari kalangan apapun pastilah pernah mengalami yang namanya sebuah kesedihan, baik dari yang berskala ringan sampai yang memiliki kelas berat (Hahahahaha.. kayak tinju saja ada kelasnya segala).

[Sebagai Contoh] Hal tersebut bisa saja terjadi apabila orang yang bersangkutan telah melakukan perjuangan sekeras mungkin bahkan tak jarang yang telah menghabiskan begitu banyak uang untuk mencapai tujuannya tersebut. Namun pada akhirnya, ketika impiannya dan tujuannya tercapai dengan hasil yang tidak ia inginkan, keberanian dan semangat hidupnya mendadak menurun secara derastis. Banyak orang yang tidak bisa menghadapi haltersebut dengan pikiran yang dingin dan berujung pada kesedihan yang tiada akhir, namun bagi beberapa orang yang sudah terlatih akan terbiasa dengan sebuah kekalahan dan menjadikannya sebagai sebuah cambuk keras untuk dipelajarinya.

Dan tak bisa dipungkiri juga lho, banyak orang yang salah dalam menangani kesedihan tersebut. Hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa mnghiraukan nasib orang lain disekitarnya maupun masyarakat luas, dan melakukan tindakan yang menyedihkan pula.

[Pertanyaannya] Ada yang melampiaskannya dalam bentuk pemakaian obat-obat terlarang untuk menghilangkan kejenuhan atau rasa pegal. Ada pula yang melampiaskan kesedihannya tersebut meminum-minuman keras di Bar. Dan yang tak asing lagi, yakni melakukan tindakan bunuh diri.

Apakah hal tersebut pantas dilakukan, apalagi yang melakukan adalah orang-orang yang mempunyai “nama”?  Bagaimana dengan orang yang memiliki tingkat ekonomi yang rendah. Memang banyak orang yang mengatakan bahwa wajar kalau ada orang yang “kurang mampu” yang melakukan tindakan yang tidak pantas dalam mengatasi sebuah permasalahan yang berawal dari sebuah kesedihan atas kondisinya pada saat itu.

[Solusinya 1] Itu semua adalah cara dalam mengatasi sebuah kesedihan baik yang dalam skala rendah maupun yang berat dengan cara yang salah. Dengan mematapkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa adalah salah satu cara diantaranya. Dengan begitu, tindakan-tindakan negatif yang tidak diinginkan dapat diatasi.

[Solusinya 2] Atau dengan mengkonsultasikannya kepada orang lain (teman / sahabat, keluarga, psikolog, dll ), dengan tujuan untuk meredakan sebagian beban pikiran yang sedang melanda kejernihan pikiran kita. Atau bahasa gaulnya, CURHAT.

Dan sebenarnya masihbanyak lagi solusi dalam mengatasi hal tersebut, kesidhan yang tiada henti menyerang berbagai golongan, tua, muda, dan anak-anak. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara Anda untuk mengatasi kesedihan yang pernah Anda alami atau sampai saat ini Anda alami? Kita semua berusaha untuk men-share berbagai macam pandapat guna mengumpulkan berbagai macam pendapat/aspirasi kita.

Karena berbagi itu tak rugi…

Author: Nafi'

i'm electrical engineering from ITS and i wanna be pro-blogger

40 thoughts on “[Terapi] Solusi Menghadapi Kesedihan

  1. bagus, tulisannya, dik. *tukeran link aja yuk, hohoo*

    btw, coba nonton video politik ini (lucu deh). klik http://dhila13.wordpress.com/2009/04/25/pemilu-membawa-maut-heheh/

    thx…

  2. solusi pertama yang paling mujarab tuh ..😀

  3. makin, berbobot postingannya….
    Kemana aja Pi….?

  4. selamat malam dan salam kenal…..
    memang betul sekali kang….tingkat strees mereka itu, mereka yang membuatnya sendiri dengan dalih pamrih……coba bayangkan kalo saja mereka yang streees itu terpilih mau di bawa kemana negeri ini?…..tapi informasi dengan solusinya mantabbb sekali kang…..thanks, siapa tau nanti bokap ane jadi caleg tak kasih dech….solusinya ini, beidewei…mampir yah ke aku …..

  5. dirimu kemana aja, belajar UAn yak

    iya..
    masih sibuk dengan pelajaran..
    sampai gk sempet ngeblog..
    aku masih kelas 10..
    jadi belum UAN

  6. kalao saya lagi sedih kebih memilih poin pertama. heyya itu berserah diri kepada Allah SWT. semua masalah pasti ada pemecahannya bukan?

  7. paduan yang boleh dibilang sempurna
    menyerahkan segala urusan kepada sang Khalik dan berbagi kepada sesama. trims pencerahannya mas

  8. lo komen saya kok ilang ya?

  9. duh suer mas bukan hatrik tadi komen, eh kok malah ilang
    au ahhh di jeblosin penjara akismet ta?

    oia kenalan donk dengan blog baru *salaman*
    ditunggu kunjungan balik dan komentarnya di blog gadget dan technologi.
    awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

  10. cara mengatasi kesedihan…? jangan dianggap itu sebuah kesedihan…

  11. juara berapa u pi?? q juara 2..😀

    *pamer..

  12. mampir aja😀

  13. Dahsyat
    Maksih sobat🙂

  14. bole dicoba ni tipsnya

  15. wah… lama ga kesini yah?
    hehe.

    semangat!

  16. Wah fi’ kamu salah kalo’ berbagi itu ta’ rugi karena ada beberapa bebagi itu malah rugi???gmana????

  17. hallow deq, pakabar???

    Dah ciap ujian yak? Apa kegiatan sekarang?🙂
    Sukses selalu yach!

  18. Memang tiap orang beda dalam menghadapi kesedihannya, yang penting kita harus berusaha melakukan hal-hal yang positif dalam masalah ini.

  19. keren! wajib dicoba!

  20. sip !
    ikutan nyobba ah

  21. lengkap bener..!!..
    nice post..😀

  22. harus kuakui, meski kamu adek kelasku tapi kamu lebih dewasa dari aku…..😆
    hahahahaa

  23. artikel keren.. ^_^

  24. apa ini akan berhasil??

  25. Postingan bagus… selamat berkarya…

  26. mampir ke blog baruku ya..

  27. solusi menghadapi kesedihan?
    dari buku yang perbah saya baca:
    bagilah kesedihan mu pada orang terdekatmu, maka kesedihan mu akan hilang setengahnya.
    bagilah kebahagiaan mu pada orang terdekatmu, maka kebahagiaan yang kau dapatkan akan berlipat ganda.

  28. saya sekarang merasa bahagia….😀

  29. oyi….
    jgn suka stress ntar bisa mati muda
    hehe

  30. tapi sekarang saya lagi gak bahagia.😦

  31. Wew..
    Bener banget..
    Ilmu semakin dibagi..
    Semakin mengakar..
    Tak kan pernah habis..😉

  32. WAH…kerenn fii postingannya

  33. Assalamu’alaikum..
    Kesedihan, stress, duka cita, biasa melanda setiap manusia. Tapi bukankah Allah telah menunjukkan obatnya? Yaitu kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah sesuai pemahaman salaf. Dengan begitu insya Allah akan hilang kesedihan di hati stiap muslim..

    Nice post brother, hope you’ll be fine today.

  34. La Takhof …
    La Tahzan …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s